Kategori
Today

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Raya Kalapanunggal – Parungkuda

SUKABUMITODAY.CO, Bojonggenteng – Polsek Bojonggenteng mengevakuasi pohon tumbang, Senin (30/3/2020). Pohon tersebut menutupi jalan raya di Kampung Berekah dan Kampung Citangkil, Desa Berekah, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Kapolsek Bojonggenteng, Iptu Aap Syaripudin, mengatakan informasi adanya pohon tumbang di dua tempat itu berasal dari laporan masyarakat sekitar jam 13.40 WIB. Pihaknya langsung cek TKP lalu koordinasi dengan Instansi pemerintah untuk melakukan evakuasi.

“Pohon mahoni yang tumbang itu mengakibatkan jalan Raya Kalapanunggal – Parungkuda tidak dapat di lalui kendaraan,” paparnya dalam keterangan tertulis dari Humas Polres Sukabumi, Senin (30/3/2020).

Selain menutupi lintasan Jalan Raya, pohon juga menimpa kabel telepon. Pohon tumbang itu di sebabkan hujan disertai angin kencang yang terjadi di sekitar Bojonggenteng. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

“Alhamdulilah tidak ada korban jiwa. Namun batang pohon menutupi badan jalan, upaya kami dari kepolisian bersama warga sekitar bergotong royong mengevakuasi batang pohon yang tumbang tersebut,” ucapnya.

Ia menambahkan, sekitar jam 15.35 WIB petugas dari Dinas PUPR Kabupaten Sukabumi mendatangi lokasi beserta alat berat, untuk evakuasi memindahkan batang pohon yang menutupi jalan. Kemudian sekitar jam 16.40 WIB jalan sudah bisa dilalui kembali oleh kendaraan. Aap pun mengimbau kepada warga untuk berhati-hati.

“Kami sampaikan kepada pengguna jalan agar lebih waspada dan berhati-hati, disaat menjalankan kendaraan di musim hujan ini,” tandasnya.(yan/rez)

Kategori
Today

Polsek Cikakak Bubarkan Resepsi Pernikahan dengan Cara Humanis

SUKABUMITODAY.CO, Cikakak – Resepsi pernikahan warga di Kampung Gadog, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi dibubarkan oleh Polsek Cikakak pada Minggu (29/3/2020). Hal itu guna antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kapolsek Cikakak, AKP Jaka Sudira, mengatakan Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas Cikakak sudah memberikan imbauan sebelum resepsi, Selasa (24/3/2020) lalu. Bahkan lembaran Maklumat Kapolri sudah disebar.

“Sebelum pelaksanaan sudah diperingatkan. Selain penyampaian secara lisan juga di berikan copyan surat edaran Bupati, MUI, dan maklumat Kapolri.” ujarnya dalam keterangan Humas Polres Sukabumi, Senin (30/3/2020).

Ia menuturkan, karena tidak mengindahkan iimbauan tersebut, maka pihaknya melakukan pembubaran resepsi pernikahan itu. Keluarga yang dibubarkan yang resepsi pernikahan dibubarkan pun menerima.

“Kami beri pengertian dengan cara humanis dampak dari adanya kerumunan orang banyak. Alhamdulilah mereka menerima serta minta maaf dan mau menghentikan kegiatan tersebut,” jelasnya.

Upaya pelaksanaan pembubaran resepsi pernikahan itu dilakukan oleh pihak Polsek Cikakak dan perangkat Desa Cikakak. Jaka menambahkan, pihaknya menegaskan akan ada sanksi hukum bagi masyarakat yang menghalangi kebijakan pemerintah saat pelaksanaan penanggulangan pencegahan virus corona.

“Cegah Virus corona atau Covid-19, UU No 4 Tahun 1984 tentang penyakit menular,” tegasnya.(yan/rez)

Kategori
Today

Mulai April, Pasar Hewan Curugkembar Ditutup Sementara

SUKABUMITODAY.CO, Curugkembar – Pasar hewan di Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi akan ditutup sementara. Hal itu disampaikan Forum Koordinasi Pimpinam Kecamatan (Forkopimcam) Curugkembar saat sosialisasi tentang Maklumat Kapolri, Sabtu (29/3/2020).

Penutupan terhitung sejak tanggal 1 sampai 14 April 2020. Hal itu sebagai tindakan adanya pandemi wabah virus Corona atau Covid-19.

Paur Subbag Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepul Rohman, mengatakan kegiatan berkumpulnya para pedagang dan tengkulak domba ditutup sementara. Termasuk pedagang dan tengkulak dari daerah perkampungan Sukabumi dan Cianjur.

“Para tengkulak asal Cianjur juga, karena Cianjur merupakan batas sebelah timur Kecamatan Curugkembar.” tuturnya dalam keterangan tertulis kepada Cianjur Today, Minggu (29/3/2020).

Ia mengatakan, berkaitan dengan hal tersebut, Polisi terlebih dahulu memberikan arahan sebagaimana isi dalam Maklumat Kapolri nomor Mak/2/III /2020 tanggal 19 Maret 2020.

Kemudian membagikan selebaran Maklumat Kapolri tersebut kepada para pedagang dan tengkulak domba. Pihaknya menyarankan para pedagang untuk segera meninggalkan area pasar domba.

“Untuk sementara waktu saudara tahu bahwa banyak warga Curugkembar yang pada bekerja di daerah Jakarta dan Bandung. Bahkan yang kerja diluar negeri pun banyak. Saat ini sebagian dari mereka pulang kampung,” ujarnya.

Ia menjelaskan, oleh sebab itu untuk sementara harus bisa menjaga jarak atau tidak bersentuhan langsung dengan mereka.

Bagi warga yang baru pulang dari luar kota, disarankan untuk diam dirumah selama 14 hari. Jika dalam kurun waktu tersebut tidak ada gejala apapun seperti demam, batuk, pilek Insyaallah aman dari virus.

“Maaf bukan berarti mereka yang baru pulang Kampung itu terkena virus, tapi kita harus waspada dan sama-sama kita selamatkan,” terangnya.

Pasar Hewan Curugkembar untuk sementara waktu ditutup, terhitung mulai tanggal 1 sampai 14 april 2020.

“Itu pun melihat perkembangan wabah tersebut. Tidak menutup kemungkinan bisa diperpanjang,” tandasnya.(yan/rez)

Kategori
Gaya Hidup

Sepeda Itu Sudah Menua, Berapa Huruf U Pada Kata Itu?

SUKABUMITODAY.CO – Sepeda Itu sudah menua harus di buang. Berapa huruf u pada kata itu? Pasti kalian sering melihat teka-teki ini di status WhatsApp.

Akhir-akhir ini teka-teki memang disukai warganet untuk mengisi waktu luang, salah satunya teka-teki sepeda ini.

Teka-teki ini memiliki pertanyaan yang cukup sederhana, namun memiliki jawaban yang rumit.

“Sepeda Itu sudah menua harus di buang. Berapakah huruf U dalam kata itu?” Begitulah isi pertanyaannya.

Jika kamu tidak cukup teliti, mungkin kamu akan menghitung semua huruf U dalam satu kalimat itu. Kamu akan menemukan jawaban 5 huruf U.

Namun, coba kamu perhatikan lagi pertanyaannya. “berapakah huruf U dalam kata itu?” Di sana tertulis berapakah huruf dalam kata bukan dalam kalimat.

Lalu disambung dengan kata Itu, jadi kamu hanya perlu mencari huruf U dalam kata “itu”. Maka jawabannya adalah 1 huruf U.

Teka-teki ini cukup baik dalam mengasah otak. Jika kamu dapat menjawabnya maka penantang akan memposting fotomu di status WhatsApp mereka lho!.

Tapi kamu jangan heran jika kamu telah menjadi 1 tapi salah, kemudian menjawab lima juga salah. Teka-teki seperti ini memang sering dipermainkan. Semoga bermanfaat! (ct2/rez)

Kategori
Gaya Hidup

Jawaban dan Penjelasan Teka-teki Ada 120 Bola Hilang Satunya

SUKABUMITODAY.CO – Jawaban teka-teki “Ada 120 bola hilang satunya, tinggal berapa? Yang benar fotonya saya post” viral akhir-akhir ini. Teka-teki ini berisi soal yang berkaitan tentang penghitungan dengan aturan. Siapa yang dapat menjawab, fotonya akan di unggah pemberi tantangan.

Sedangkan yang tidak dapat menjawab, harus me-repost atau membuat tantangan serupa pada status mereka. Adapun soal teka-teki tersebut berbunyi :

Jawaban teka-teki “Ada 120 bola hilang satunya, tinggal berapa? Yang benar fotonya saya post,” kira-kira begitulah isi soalnya. Apa jawaban teka-teki ini yang tepat?

Jawaban Teka-Teki Ada 120 Bola Hilang

Jika dihitung dengan cara yang sesuai dengan matematika, mungkin anda akan menjawab 119. Namun, ternyata jawaban untuk soal ini berdasar pada satu pepatah yang berbunyi “hilang satu tumbuh seribu”. Anda hanya tinggal mengurangi 120 dan menambahkan 1000. 120-1 = 119 + 1000 = 1119.

Kategori
Trending

Misteri Jawaban Teka-teki Ayah Mary Terpecahkan

SUKABUMITODAY.CO – Jawaban teka-teki terpecahkan. Ayah Mary adalah seorang guru vocal dan memiliki 5 orang anak yaitu nana nini nunu dan nene. Pertanyaannya, siapa anak kelima?

Teka-teki pertanyaan anak kelima Ayah Mary lagi tren di status Facebook dan Whatsapp. Banyak orang yang tertarik untuk memecahkan teka-teki tersebut. Ada beragam jawaban dari netizen, mulai dari yang serius, spontan, hingga yang asal-asalan.

Sekali lagi kita baca teka-teki ini dan cari apa jawaban yang tepat. “Ayah Mary adalah seorang guru vocal dan memiliki 5 orang anak yaitua nana nini nunu dan nene. Pertanyaannya, siapa anak kelima?”

Kira-kira apa jawabannya? Untuk menjawab soal ini, kita harus membaca soalnya dengan seksama. Berikut penjelasan dan ulasannya.

Jawaban Teka-Teki Ayah Mary

•Nono
Bagi yang menjawab “Nono” bisa disebut sebagai jawaban spontan. Soal ini disebut dengan soal pengalihan, yaitu soal dengan adanya kalimat yang menimbulkan jawaban yang berbeda.

Apabila kita membacanya kurang teliti, maka kita akan menjawab “Nono”. Karena terfokus pada Nana, Nini, Nunu, dan Nene yang terbentuk oleh huruf vocal a,i,u,e,o. Dengan penggulangan huruf N disetiap katanya.

• Mary
Sebagian banyak orang memilih jawaban Mary karena pada awal soal disebutkan “Ayah Mary”, yang berarti “Ayahnya Mary”. Dalam penyebutan nama seseorang, sering kali kita menggunakan nama anak untuk menyebut seseorang.

Penyebutan ini menggunakan kata majemuk yakni dua atau lebih kata yang apabila digabungkan mempunyai makna yang berbeda.

Jadi banyak yang meyakini bahwa jawaban paling tepatnya adalah ” Mary”.

Kategori
Peristiwa Today

Kronologis dan Nama Korban Kecelakaan Maut di Jalur Cianjur – Sukabumi

SUKABUMITODAY.CO, Cianjur – Kecelakaan maut terjadi di Jalur Cianjur – Sukabumi, Kampung Cipadang, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Kamis (26/3/2020) hari ini. Sebuah truk tronton bermuatan yoghurt menabrak tujuh sepeda motor hingga menyebabkan dua orang tewas.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama, mengatakan kecelakaan di Kampung Cipadang, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Bermula ketika sebuah truk box bernopol W 8059 UN yang dikemudikan Arie Isman melaju dari arah Sukabumi menuju Cianjur. Truk tersebut diketahui bermuatan yoghurt sebanyak 4 Ton.

Namun sewaktu menempuh jalan lurus menurun, diduga rem tidak berfungsi. Truk hilang kendali dan keluar ke kanan menabrak sejumlah sepeda motor.

Nama-nama Korban Kecelakaan

Motor yang menjadi korban di antaranya Jupiter MX bernopol F 5018 ZC, Yamaha N Max bernopol F 3233 WAD, Honda Vario bernopol F 5988 YH. Kemudian Yamaha Jupiter Z bernopol F 4136 YN, Honda Beat bermopol F 2596 ZP Yamaha Mio tanpa flat nomor, Yamaha bernopol F 9391 SZ yang sedang parkir di bahu jalan sebelah kanan.

“Selanjutnya menabrak dua orang yang bernama Diki Muhmmad yang sedang berdiri di bahu jalan sebelah kanan. Truk box kemjdian menabrak tiang telepon, lampu penerangan jalan, dan tiang papan Indomaret,” paparnya kepada Cianjur Today, Kamis (26/3/2020).

Akibat tabrakan di Kampung Cipadang, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong itu, beberapa orang tewas dan luka berat. Korban tewas bernama Diki Muhammad dan Ayi Sujana. Sementara korban luka berat bernama Ujang Soleh dan Yadi. Satu orang lainnya luka ringan bernama Endang Aripin.

Selain itu kecelakaan juga mengakibatkan sejumlah kerusakan. Di antaranya tujuh sepeda motor, tiang telpon, tiang lampu penerangan jalan. Ditambah tiang papan Indomart dan tembok pagar masjid.(yan/rez)

Kategori
Peristiwa

Breaking News: Satu Orang di Kabupaten Sukabumi Positif Corona

SUKABUMITODAY.CO, Sukabumi – Satu orang warga di Kabupaten Sukabumi dinyatakan positif Corona atau Covid-19. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, dalam konferensi pers di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/3/2020).

“Dari hasil pemeriksaan terakhir dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, satu terindikasi positif covid-19 atau corona.” ujarnya seperti dikutip dari Radar Sukabumi.

Masih kata Marwan, sebelumnya ada 13 sampel yang diperiksa. Dari semua itu ternyata hasilnya ada satu yang positif. Kemudian delapan negatif dan empat lainnya masih dalam pemeriksaan.

Kini, lanjut Marwan, pihaknya masih terus mengkaji agar penanganan PDP yang positif Corona atau Covid-19 di Sukabumi dapat dilakukan pemantauan dan pengawasan sangat intensif. Ia juga meminta kepada Puskesmas tempat pasien positif untuk mendata dengan siapa PDP tersebut melakukan kontak.

“Kami minta kepada kepala puskesmas asal PDP tersebut untuk mendata keluarga. Kemudian juga mencermati sejauh mana mobilisasi orang tersebut sebelum terindikasi positif,” tambahnya.

Hingga hari ini dilaporkan ada 79 ODP dan 16 PDP di wilayah Kabupaten Sukabumi. Marwan berharap penyebaran Corona bisa ditanggulangi.

“Mudah-mudahan kita bisa mempersempit ruang gerak sehingga penyebaran virus corona ini bisa tertanggulangi dengan baik,” tandasnya.(ct2/bbs)

Sumber: Radar Sukabumi

Kategori
Today

Satlantas Polres Sukabumi Kota Edukasi PHBS

SUKABUMITODAY.COM, Sukabumi – Satlantas Polres Sukabumi Kota memberikan edukasi PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) kepada sejumlah pemohon surat izin mengemudi, Senin (23/3/2020). Kegiatan dilaksanakan di depan kantor Satpas Polres Sukabumi Kota.

Kasatlantas Polres Sukabumi Kota, AKP Atik Suswanti, mengungkapkan bahwa edukasi PHBS merupakan salah satu kegiatan rutin yang sering kali dilakukan oleh jajarannya.

“Hal ini memang sudah rutin kami laksanakan, baik terhadap para pemohon SIM maupun terhadap masyarakat lainnya,” ujarnya dalam, Senin (23/3/2020).

Ia menuturkan, pihaknya melakukan sosialisasi budaya perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan budaya cuci tangan menggunakan hand saitizer.

Selain untuk kesehatan, kegiatan ini bisa meminimalisir penyebaran atau penularan berbagai penyakit maupun virus. “Salah satunya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19,” imbuhnya.(yan/rez)

Kategori
Today

Muspika Kalibunder Rapat Pembentukan Satgas Covid-19

SUKABUMITODAY.COM, Kalibunder – Polsek Kalibunder melaksanakan rapat tahapan koordinasi untuk pembentukan Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan, Senin (23/3/2020). Rapat dilaksanakan di aula Kecamatan Kalibunder, pukul 10.00 WIB.

Kapolsek Kalibunder, Iptu Gatot Sukoco, mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona. Perlu adanya sinergitas serta keseriusan dalam menanganinya. Pihaknya pun berkolaborasi dengan instansi lain.

“Berkolaborasi dengan pihak Muspika Kalibunder dan elemen lainnya untuk menciptakan wilayah yang bersih, aman serta kondusif,” terangnya dalam rilis dari Humas Polres Sukabumi, Senin (23/3/2020).

Ia menuturkan, rapat koordinasi pembentukan Satgas Covid-19 ini, merupakan perintah langsung dari Kapolri dalam menangani pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

Salah satu instruksi Kapolri yaitu jangan melaksanakan atau mengadakan aktifitas keramaian dengan melibatkan massa atau banyak orang. “Bilamana mendapatkan informasi hal itu, maka polisi tidak akan segan-segan untuk membubarkannya,” tegasnya.(yan/rez)