Kategori
Peristiwa

BMKG Peringatkan Potensi Gempa dan Tsunami di Sukabumi

SUKABUMITODAY.CO, Sukabumi – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, zona megathrust di laut selatan Sukabumi memiliki potensi tsunami dan gempa tertarget hingga 8,7 Magnitudo. 

Artinya, jika besaran magnitudo 8,7 ini digunakan ke dalam skenario model tsunami, maka wilayah pesisir pantai Sukabumi diperkirakan dalam status ‘awas’, dengan tinggi tsunami di atas tiga meter.

Selain itu, berdasarkan hasil pemodelan, tingkat guncangan akibat gempa 8,7 Magnitudo di zona megathrust selatan Sukabumi, disebut dapat mencapai skala intensitas VIII-IX MMI yang artinya dapat merusak bangunan.

Peristiwa ini dapat terjadi dikarenakan wilayah pesisir Sukabumi, secara tektonik berhadapan dengan zona megathrust Samudera Hindia. Zona subduksi atau penunjaman lempeng aktif itu menghasilkan aktivitas kegempaan yang tinggi.

Berdasarkan kajian yang telah dilakukan BMKG pada  2011 lalu, zona megathrust selatan Sukabumi itu memiliki magnitudo gempa tertarget magnitudo 8,7. Sementara catatan sejarahnya lainnya menyebutkan, wilayah selatan Jawa Barat dan Banten sudah beberapa kali mengalami gempa kuat. Di antaranya 22 Januari 1780 (M=8.5), kemudian 27 Februari 1903 (M=8.1), dan 17 Juli 2006 (M=7.8).

Kajian Potensi Gempa dan Tsunami Sukabumi Bukan Untuk Menakut-nakuti

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, kajian potensi bahaya itu sangat penting dilakukan untuk tujuan mitigasi dan pengurangan risiko bencana.

“Bukan untuk menakut-nakuti masyarakat. Melainkan, agar pemerintah daerah segera menyiapkan upaya mitigasinya secara tepat,” katanya dalam siaran tertulis. Jumat, (28/02/2020).

Meskipun demikian, masyarakat juga harus paham, ini merupakan kajian dan bukan sebuah prediksi. Maka dari itu, di tengah-tengah ketidakpastian mengenai kapan terjadinya gempa dan tsunami. Kita perlu melakukan upaya mitigasi dengan menyiapkan langkah-langkah kongkrit untuk meminimalkan risiko kerugian sosial, ekonomi, dan korban jiwa seandainya gempa benar terjadi.

BMKG juga mengatakan, hal ini harus menjadi perhatian pemerintah tentang pentingnya memperhatikan peta rawan bencana sebelum merencanakan penataan ruang dan wilayah, termasuk penataan ruang pantai yang aman tsunami.

“Perlu ada upaya serius dari berbagai pihak dalam mendukung dan memperkuat penerapan ‘building code’ dalam membangun struktur bangunan tahan gempa,” kata Rahmat.

Tidak hanya itu, masyarakat Sukabumi juga diimbau untuk memahami dan meningkatkan kemampuan penyelamatan saat terjadi gempa dan tsunami, serta mengikuti arahan pemerintah dalam melakukan evakuasi.

“Jalur evakuasi ataupun shelter untuk tempat penyelamatan darurat perlu disiapkan dengan memadai.” kata Rahmat. (ct2/afs)

Kategori
Trending

Fakta-fakta Siswa SD Tawuran Bawa Gir dan Celurit, Pemicunya Sepele

SUKABUMITODAY.CO, Sukabumi – Akhir-akhir ini video tawuran siswa SD di Sukabumi viral dan menyita perhatian publik. Aksi tersebut diketahui terjadi pada Jumat (21/2/2020) atau seminggu lalu.

Tawuran siswa SD ini terjadi di lapangan sekitar Gedung Putih, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Berikut beragam fakta yang telah dirangkum:

Bawa Senjata Tajam

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Khusyairin menyebutkan, pelajar yang terlibat dalam tawuran itu berasal dari dua SD berbeda, yaitu SD N dan SD P. Selain itu ada keterlibatan pelajar dari dua SMP, yang semuanya berada di Cicurug.

Kabarnya tawuran ini telah direncanakan. Sebab anak-anak tersebut sudah membekali diri dengan senjata tajam seperti cerulit, batang besi, dan sabuk yang diikat gir. 

Pemicu Tawuran

Pemicu tawuran terbilang sepele. Berawal dari rasa kesal pelajar SD N yang tulisan vandalisme mereka dicoret oleh SD P. Sedangkan ajakan dilontarkan oleh pelajar dari SD P, mereka mengirim pesan melalui WhatsApp kepada pelajar SD N. Isi dari pesan itu intinya mengajak tawuran.

Saat itu sebanyak 15 orang pelajar SD N datang, namun pelajar SD P yang datang hanya 5-6 orang. Dirasa jumlahnya tidak seimbang, pelajar dari kedua SMP juga terlibat tawuran.

Dibubarkan Warga

Tawuran mulai terhenti setelah masyarakat sekitar mengetahuinya dan membubarkan tawuran. Kemudian kejadian ini sampai kepada pihak sekolah masing-masing.

Pada malam harinya, para guru melakukan penelusuran dan akhirnya terkumpul para pelaku tawuran berikut barang bukti. Pihak sekolah juga turut memanggil para orang tua yang anaknya terlibat tawuran. (ct2/rez)

Sumber: Sukabumiupdate.com

Kategori
Trending

Gak Banyak yang Tahu, Ini Arti dari Lirik “Video Tiktok Culametan Met met”

SUKABUMITODAY.CO – Lirik, Terjemahan dan arti video “culametan met met” viral di tiktok culametan akhir-akhir ini. Rasanya celotehan Risa dalam video tersebut seakan terngiang diingatan kita ya. Pasti banyak diantara kalian yang penasaran seperti apa sih sosok Risa ini.

Risa merupakan gadis kecil asal Bandung, dirinya mulai dikenal masyarakat setelah aksi lucunya dalam video tiktok culametan met met” viral di media sosial.

Dirinya juga diketahui merupakan seorang siswi kelas 7 SMP Soljer (Solokan Jeruk) Bandung. Sosoknya yang mungil, lucu, dan ceria sukses bikin penonton gemas.

Dibalik viralnya video tiktok culametan met met itu, dalam salah satu acara Tv nasional, Risa mengungkapkan asal usul bisa membuat video tersebut, dan dirinya yang dimarahi ibunya.

Risa mengaku, saat itu dia hanya iseng membuat video tersebut dengan tujuan menyindir temannya yang culametan atau pelit. Namun, siapa sangka celotehannya itu menjadi viral di media sosial. Sang ibu yang mendapatkan kabar ketenaran sang anak dari wali kelasnya, ternyata mengaku marah.

Kemarahan ini karena bahasa yang digunakan Risa dalam video tersebut merupakan Bahasa Sunda kasar. Seperti yang diketahui ada beberapa kata kasar dalam celotehan Risa. Seperti “leug-leug” dan “Sia”.

Leug-leug berarti makan atau telan dalam bahasa Sunda, namun kasar. Sedangkan sia berarti kamu dalam bahasa Sunda dan termasuk bahasa kasar.

Ibu Risa mengaku takut anaknya dipanggil guru karena bahasanya tidak baik. Dirinya juga sempat meminta Risa menghapus video tersebut, namun karena sudah tersebar mana bisa dihapus.

Atas hal itu, Risa mulai dikenal banyak orang tak jarang Risa juga terlihat di layar kaca.

Lirik, Terjemahan dan Arti tiktok Culametan Met Met

Sia mah hirup teh culametan met met, culametan met met. Jiganamah dipentaan deui teh mbung sia mah.
Siga na mah kalau ada makanan di meja mangga legleg ku sia, teroret teroret

Terjemahan video tiktok Culametan met met ..

Kamu tuh hidupnya culametan met met, culametan met met.
Kayaknya kalo dimintain (makanan) gak mau kamu tuh.
Kayaknya tuh kalo ada makanan di meja, silahkan makan aja sama kamu, teroret, teroret

Nah bukan hanya didengarkan, netizen juga asyik menggunakan lagu ini dalam video tiktok culametan met met mereka dengan gaya yang unik-unik.(ct2/rez)

Kategori
Gaya Hidup

Mangaku Situs Terfavorit Baca Komik, Ini Lima Komik Paling Seru

SUKABUMITODAYCO – Siapa yang tidak tahu situs Mangaku, situs yang menyediakan ribuan komik Jepang yang bisa kamu baca di situsnya. Selain komik-komik terbaru, Mangaku pun menyediakan komik-komik zaman dulu dan bisa di download apk nya yang sempat populer.

Selain komik-komik Jepang yang baru, tampilan situs ini pun telah diperbaharui. Kamu yang ingin membaca komik favoritmu di sini tidak akan kesulitan mencarinya. Sebab, tampilannya cukup mudah dipahami.

Bagi kamu yang memang tidak sabar dalam menunggu chapter baru dari setiap komik yang dibaca, situs ini akan update komik-komik terbaru setiap harinya.

Banyaknya komik dari situs ini bisa dibuktikan ketika kamu klik menu Daftar Komik. Di dalamnya berisi ribuann komik berdasarkan judul dari mulai angka, bahkan dari A sampai Z.

Komik-komik lama seperti Rurouni Kenshin atau lebih dikenal dengan Samurai X, bahkan Detective Conan pun ada di sini. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke toko komik untuk membaca itu semua.

Komik terbaru seperti mangaku bleach, One Piece 969,Boruto episode terbaru, sampai One Punch Man pun ada. Jadi, kamu enggak akna ketinggalan lagi tengan perjalanan ninja Boruto dan petualangan seru Saitama.

Bahkan, bagi kamu yang suka perjalanan Sun Go Kong dalam mencari kitab suci ke barat, masih bisa membaca komiknya di situs ini. Komik si kera sakti yang berjudul Journey to The West ini sangat menarik untuk disimak.

Buat kamu yang sulit menentukan komik mana yang menarik untuk dibaca, Sukabumi Today akan memberikan lima link komik seru yang ada di situs ini.(afs)

One Piece
https://mangaku.in/baca-komik-one-piece-bahasa-indonesia

One Punch Man
https://mangaku.in/komik-onepunch-man-bahasa-indonesia/

Tsubasa Reservoir Chronicle
https://mangaku.in/tsubasa-reservoir-chronicle/

Slam Dunk
https://mangaku.in/komik-online-slam-dunk-bahasa-indonesia/

Rurouni Kenshin (Samurai X)
https://mangaku.in/komik-rurouni-kenshin-kinema-ban-bahasa-indonesia/

Kategori
Trending

Identitas Asli Lucinta Luna dan Abash Terungkap

SUKABUMITODAY.CO – Setelah penangkapan atas penyalahgunaan narkoba, identitas Lucinta Luna dan Abash ikut terbongkar.

Abash yang selama ini dikenal memiliki identitas laki-laki, ternyata seorang perempuan. Informasi beredar nama asli Abash adalah Diah Ayu Ashari.

Hal ini telah disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus melalui jumpa pers di Polres Jakarta Barat.

Ada 4 orang yang diamankan Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat dari sebuah apartemen di Jakarta Pusat.

“Empat orang diamankan, pertama inisial LL (Lucinta Luna) alias AP (Ayluna Putri) alias MF (Muhammad Fatah), kemudian yang kedua inisialnya NHN, lalu DAA (Diah Ayu Ashari) dan keempat HD. HD dan NHAM laki-laki, DAA perempuan. Empat orang yang berada di kamar tersebut,” terang Yusri kepada wartawan di Polres Jakarta Barat, Jl S Parman, Jakarta Barat, Rabu (12/2/2020).

Lucinta Luna sendiri sebelumnya dikenal karena diduga seorang transgender. Identitas Lucinta Luna masih belum pasti, hal ini dikarenakan dirinya memiliki dua jenis kelamin berbeda dalam identitasnya.

Hal ini juga akan menjadi pertanyaan netizen, mengenai sel yang akan ditempati Lucinta Luna.

“Lalu nanti masuk sel yang mana, di dalam KTP-nya tertera yang bersangkutan (Lucinta Luna) ini adalah perempuan, tapi paspornya laki-laki,” kata Yusri.

Sedangkan dugaan kuat, bahwa Abash merupakan seorang perempuan juga disampaikan polisi.

“Pasangannya itu Diah Ayu Ashari alias Abash,” kata Kanit 2 Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Maulana Muqarom .

Hal ini diketahui dari identitas KTP Abash yang tertulis seorang perempuan.

Saat ini, pihak polisi masih menunggu hasil pemeriksaan mengenai identitas pasti keduanya.

“Tetapi kita harus punya dasar. Keterangannya dari pengacara katanya sudah ada putusan pengadilan. Hari ini kami menunggu dari pengacara. Putusan pengadilan itu yang masih kita tunggu hari ini,” papar Yusri. (ct2/rez)

Sumber: Detik | Foto: Kompas

Kategori
Today

Tiket Kereta Api untuk Lebaran 2020 Bisa Dipesan Mulai 14 Februari

SUKABUMITODAY.CO – Tiket kereta api (ka) reguler untuk Lebaran tahun 2020 sudah bisa dipesan mulai Jumat (14/2/2020). Penjualan tiket KA untuk Lebaran 1441 H ini rencananya akan dilakukan melalui web KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh saluran penjualan resmi KAI lainnya.

“Tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H akan dijual mulai 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020 dan seterusnya,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 12 Februari 2020.

KAI juga telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket dan menambah kapasitas peladen (server) dan kapasitas (bandwidth) sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini dilakukan untuk mengatasi lonjakan pengunjung.

“Pastikan pemesanan tiket Lebaran melalui saluran resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar,” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk agar selalu teliti saat melakukan pemesanan. “Lalu, saat akan memesan tiket Lebaran, pastikan koneksi internet stabil, siapkan juga rute atau tanggal alternatif perjalanan, serta cek ketersediaan tiket secara berkala,” tambahnya.

Jadwal Pemesanan Tiket

Adapun jadwal pemesanan tiket KA reguler angkutan Lebaran 2020

  • 14 Februari 2020, tanggal mulai dibukanya penjualan untuk periode H-10
  • 14 Mei 2020, tanggal keberangkatan sementara untuk Hari H Lebaran pertama dan kedua pada 24 dan 25 Mei 2020.
  • jadwal pembelian pada 24 dan 25 Februari 2020 dan seterusnya.(ct2/bbs)
Kategori
Pendidikan

50 Persen Dana BOS Bisa Digunakan untuk Gaji Honorer

SUKABUMITODAY.CO – Pemerintah telah mengubah kebijakan penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2020. Kali ini Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, menambah batas maksimal upah bagi guru honorer dari BOS menjadi 50 persen.

Sebelumnya Kemendikbud menetapkan batas maksimal penggunaan dana BOS hanya 15 persen untuk upah guru maupun tenaga pendidik di sekolah.

“Restriksi sebelumnya kita sederhanakan. 2020 hanya ada satu limit, yaitu maksimal 50 persen dari dana BOS digunakan untuk biaya honorer. Ini langkah utama Kemdikbud membantu menyejahterakan guru honorer yang layak mendapatkan upah lebih layak.” ujar Nadiem di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (10/2).

Lebih Fleksibel

Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk meningkatkan kesejahteraan guru-guru honorer.

“Penggunaan BOS sekarang lebih fleksibel untuk kebutuhan sekolah. Melalui kolaborasi dengan Kemenkeu dan Kemendagri, kebijakan ini sebagai langkah pertama untuk meningkatkan kesejahteraan guru-guru honorer dan juga untuk tenaga Kependidikan. Porsinya hingga 50 persen” ujarnya.

Nadiem juga mengatakan, kebijakan ini dilakukan atas masukan para guru non-PNS maupun PNS mengenai upah guru honorer yang kurang layak.

Selain untuk guru honorer batas maksimal inipun dapat digunakan dalam memberikan upah pegawai di institusi pendidikan lainnya, seperti tenaga tata usaha (TU) atau operator administatif.

“Batas 50 persen tersebut, tak wajib dibelanjakan semuanya untuk tenaga honorer. Pasalnya ada sejumlah sekolah yang tak punya banyak tenaga honorer karena jumlah guru PNS yang sudah memadai. Maka itu kewenangan pemakaian anggaran ada di tangan kepala sekolah” ucap Nadiem.

Tidak hanya itu, aturan mengenai batas maksimal penggunaan dana BOS yang mengharuskan 20 persen digunakan untuk peralatan sekolah seperti buku pelajaran. Kali ini akan dicabut dan dibebaskan otonominya kepada sekolah.

Tidak hanya dana BOS sekolah, Nadiem bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga mengumumkan bahwa penyaluran dana BOS dan dana desa bakal langsung diberikan ke sekolah dan kepala desa.

Sebelumnya, penyaluran dana BOS dan dana desa haruslah melalui pemerintah daerah. Namun saat ini kebijakan tersebut dihapuskan. (ct2/rez)

Diolah dari berbagai sumber | Foto: Tirto

Kategori
Today

Puluhan Ekor Kambing di Sukabumi Mati Misterius

SUKABUMITODAY.CO, Cisolok – Warga Sukabumi diresahkan dengan peristiwa puluhan ekor kambing milik warga di Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi mati secara misterius. Kambing-kambing tersebut mati dengan kondisi mengenaskan.

Kebanyakan kambing tersebut ditemukan mati dengan bekas luka gigitan dileher dan perut yang terkoyak. Bahkan, beberapa kambing ditemukan dengan kondisi bagian tubuhnya tidak utuh. Kambing-kambing tersebut biasanya ditemukan mati tak jauh dari kandang.

Dikutip dari sukabumiupdate.com, kematian puluhan ekor kambing yang tidak jelas penyebabnya ini, terjadi sejak pertengahan Januari lalu. Pada saat itu, ada sembilan ekor kambing mati. Lalu, 19 hari kemudian, pada, Sabtu (8/2/2020), 14 ekor kambing dikabarkan mati misterius dengan kejadian serupa.

Menanggapi hal ini, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Caringin, Encep Nurjana mengatakan, peristiwa kambing mati ini terjadi di beberapa kampung di Desa Caringin yaitu di Kampung Tipar, Kampung Babakanmangah dan Kampung Caringin.

Namun, hingga saat ini, belum ditemukan apakah penyebab puluhan ekor kambing mati di Sukabumi ini. Tetapi beberapa warga menduga, belakangan ini memang banyak berkeliaran hewan buas sejenis anjing.

“Menurut laporan dari warga, saat ini banyak berkeliaran anjing gila atau serigala yang mengincar hewan ternak terutama kambing dan sejenisnya. Jadi, dugaan sementara warga, kambing mati karena itu,” ujar Encep Nurjana.

Encep juga mengimbau warga setempat untuk selalu waspada dan mengamankan binatang ternak miliknya.

“Kami sudah melakukan imbauan kepada seluruh warga masyarakat Desa Caringin agar waspada terutama yang memiliki hewan ternak,” jelasnya. (ct2/afs)

Sumber: sukabumiupdate.com

Kategori
Today

Tambang Emas Liar di TNGHS Sukabumi Ditutup

SUKABUMITODAY.COM – Tambang emas liar di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kecamatan Cisolok, Sukabumi ditutup. Penutupan ini dilakukan oleh personel gabungan dari Polres Sukabumi, TNI, Polhut, Satpol PP Kabupaten Sukabumi serta dinas dan instansi terkait.

Operasi penertiban ini dipimpin langsung Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra. Personel gabungan dibagi menjadi 7 kelompok sesuai wilayah target operasi, dengan dipimpin dua orang Perwira pengendali.

Kemudian personil gabungan ini menyebar kebeberapa blok lokasi tambang. Untung target operasi, ada tujuh wilayah yang menjadi sasaran. Hal inipun disampaikan oleh Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra melalui Paur Humas Polres, Ipda Aah Saepul Rohman.

“Sesuai dengan target operasi, ada 7 sasaran wilayah blok penambangan emas tanpa izin yaitu blok Cibangkol sebanyak 7 lubang. Blok k Cicadas sebanyak 11 lubang, blok Sikluk sebanyak 5 lubang, blok petey sebanyak 2 lubang. Blok pangeboran sebanyak 11 lubang, blok Talun sebanyak 3 lubang dan blok Gunung Peti sebanyak 5 lubang.” ujarnya. Kamis (6/2/2020).

Aah menambahkan, untuk menyelesaikan tugas ini petugas menggunakan perlengkapan seperti cangkul, golok, linggis, garpu dan police line.

Tidak hanya menutup lubang emas personel juga meruntuhkan tenda yang dibangun para gurandil atau penambang liar. Lalu melalukukan penyisiran ke tempat pengolahan emas di wilayah Cibareno yang berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten lebak, Provinsi Banten.

Adapun tujuan penutupan Peti itu dilakukan guna menyelematkan lingkungan. “Alhamdulillah operasi berjalan sukses dengan hasil melebihi target yang telah ditetapkan,” pungkas Aah (ct2/rez)

Sumber: Sukabumiupdate.com, | Foto: Detik

Kategori
Trending

Video Mempelai Wanita Tolak Disentuh (assikarawa) Suami, Begini Ceritanya

SUKABUMITODAY.CO, Makassar – Sebuah video mempelai perempuan menolak disentuh (assikarawa) mempelai laki- laki di acara pernikahannya viral di media sosial. Video tersebut menuai banyak tanggapan warganet. Lalu, bagaimanakah ceritanya?

Salah satu kerabat dekat mempelai pria yang enggan disebutkan namanya, mengatakan informasi yang beredar di media sosial tidak benar. Ada yang mengatakan mempelai laki-laki mempunyai banyak harta. Seperti tambang emas, dan tambang batu bara sehingga mampu menikahi seorang wanita yang menolaknya seperti video yang viral.

Video Menolak disentuh Assikarawa

“Orang tua laki-laki dan perempuan ada hubungan keluarga ji. Orang tua mereka berharap dengan perjodohan ini keluarga mereka semakin dekat. Bukan karena faktor harta atau yang lain sehingga mereka menikah,” paparnya seperti dikutip dari Mata Sulsel.

Ia menambahkan, ketika mereka dijodohkan kedua mempelai sempat tidak setuju. Hal itu karena mereka tidak saling kenal dan saling cinta.

Namum karena keinginan dan harapan dari kedua orang tua, akhirnya mereka pun menjalani perjodohan itu.

“Keduanya sempat menolak dijodohkan. Tetapi keinginan dan harapan orang tuanya sehingga mereka menjalani perjodohan ini karena mereka tidak menginginkan orang tuanya kecewa,” tuturnya.

Meskipun mempelai wanita sangat enggan disentuh, tapi akhirnya terlihat keakraban dan kebahagiaan. Itu terlihat dari wajah kedua mempelai ini saat duduk di pelaminan

“Iye sempat menolak mempelai wanitanya ketika assikarawa. Wajar ji tawwa karena barupi dan mungkin belum menerima dengan lapang dada perjodohan itu. Tapi akhirnya bahagiaji dilihat duduk di pelaminan tawwa, insya Allah Sakinah Mawaddah dan Warahmah,” tandasnya.(rez/bbs)

Foto: Dream
Sumber: Mata Sulsel