Kategori
Today

Jadwal Salat Hari Ini untuk Sukabumi dan Sekitarnya

SUKABUMITODAY.CO – Kami menyajikan jadwal sholat lima waktu hari ini, Minggu 1 Desember 2019 untuk daerah Sukabumi, Bogor, Cianjur dan Bandung. Berikut rangkuman dari berbagai sumber.

Jadwal Salat Sukabumi Hari Ini

Shubuh 04:04
Dzuhur 11:45
Ashar 15:08
Magrib 18:01
Isya 19:13

Wilayah Bandung

Subuh 04:01
Dzuhur 11:42
Ashar 15:05
Magrib 17:59
Isya 19:10

Wilayah Bogor

Subuh 04:05
Dzuhur 11:45
Ashar 15:09
Magrib 18:00
Isya 19:13

Wilayah Cianjur

Shubuh 04:03
Dzuhur 11:44
Ashar 15:08
Magrib 18:02
Isya 19:12

Itulah jadwal salat Sukabumi dan sekitarnya untuk hari ini, yang telah kami rangkum dari al-habib.info. Semoga bermanfaat! (ct2)

Kategori
Today

Prakiraan Cuaca Sukabumi Minggu 1 Desember 2019: Pagi Cerah, Sore Hujan

SUKABUMITODAY.CO – Kami menyajikan info cuaca hari ini, Minggu, 1 Desember 2019 untuk Sukabumi, Cianjur, dan Bogor. Siang hari di beberapa wilayah diprediksi hujan. Berikut prakiraan cuaca yang kami rangkum dari BMKG.

Sukabumi

Prediksi cuaca dini hari di Sukabumi pada pukul 01.00 dan 04.00 WIB, juga berawan nih guys! Suhunya 21 derajat celcius. Memiliki kelembapan 95 persen. Selalu berawan ya!

Pagi hari pukul 07.00 dan 10.00 WIB di Sukabumi, akan cerah berawan. Memiliki suhu 25 dan 29 derajat celcius. Kelembapannya akan berada di angka 70 dan 75 persen.

Siang harinya Sukabumi akan hujan ringan, yaitu pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Suhunya 25 dan 32 derajat celcius, untuk kelembapannya 60 hingga 70 persen. Aduh siang hari hujan terus ya! Kamu harus selalu siapin payung.

Malam hari di Sukabumi pada pukul 19.00 dan 22.00 WIB juga akan cerah berawan. Bersuhu 23 derajat celcius. Untuk kelembapannya 80 dan 85 persen. Istirahat yang nyenyak ya!

Cianjur

Pada pukul 01.00 dan pukul 04.00 WIB, Cianjur akan cerah berawan dengan suhu 21 derajat celcius. Kelembapannya 95 persen. Dini hari memang selalu cerah berawan ya!

Pada pagi hari pukul 07.00 WIB, Cianjur akan cerah berawan dengan suhu 22 derajat celcius. Kelembapannya 75 persen. Sedangkan pada pukul 10.00 WIB akan cerah berawan, untuk suhunya yaitu 27 derajat celcius. Kelembapannya 70 persen. Cuaca besok pagi cocok banget buat kamu jalan-jalan ya!

Untuk siang hari, Cianjur diprediksi hujan ringan yaitu pada pukul 13.00 WIB, dengan suhu 30 derajat celcius dan kelembapan 65 persen. Lalu pada pukul 16.00 WIB. Cianjur akan hujan petir. Memiliki suhu 23 dengan kelembapan 75 persen. Siang harinya lebih baik dirumah saja ya!

Malam hari pukul 19.00 dan 22.00 WIB, Cianjur akan cerah berawan. Suhunya 20 dan 19 derajat celcius. Dengan kelembapan 80 dan 85 persen. Syukur ya hujannya tidak sampai malam.

Bogor

Dini hari di Bogor pada pukul 01.00 dan 04.00 WIB akan cerah berawan. Bersuhu 21 derajat celcius dengan kelembapan 95 derajat celcius. Masih konsisten dengan cerah berawan ya dini harinya.

Nah pagi harinya yaitu pukul 07.00 dan 10.00 WIB, cuaca akan cerah berawan nih! Suhunya yaitu 26 dan 29 derajat celcius. Untuk kelembapan 75 dan 65 persen. Bogor pagi harinya juga cerah berawan nih!

Pada pukul 13.00 WIB di Bogor akan hujan lokal guys! Suhunya 32 derajat celcius. Kelembapannya 60 persen.

Lalu pada pukul 16.00 WIB, di Bogor akan hujan petir. Suhunya 25 derajat celcius, sedangkan kelembapannya 70 persen. Waah siang hari memang langganannya hujan ya!

Malam harinya yaitu pada pukul 19.00 dan 22.00 WIB, Bogor diprediksi akan cerah berawan. Dengan suhu 23 derajat celcius. kelembapannya 80 hingga 85 persen. Sama Bogor bakalan cerah berawan.

Itu dia prediksi cuaca esok hari. Prediksinya tidak jauh berbeda dengan hari kemarin ya! Karena beberapa wilayah di siang hari akan terguyur hujan, jadi jangan lupa siapkan payung. Semoga bermanfaat! (ct2)

Kategori
Today

Buat Faktur Pajak Fiktif, Empat Orang Ini Raup Rp98 Miliar Uang Negara

SUKABUMITODAY.CO – Empat orang tersangka pembuat faktur pajak fiktif, diamankan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Barat.

Empat tersangka tersebut di antaranya berinisial AAP, AS, AP, dan R. Keempatnya ditangkap karena telah menerbitkan faktur pajak fiktif untuk tiga perusahaan yaitu PT LSE, PT SPJ dan PT PIK. Perusahaan itu diketahui bergerak di bidang niaga penjualan bahan bakar minyak (BBM).

“Mereka merupakan pengusaha yang diduga sengaja membuat perusahaan fiktif. Disertai transaksi dan faktur pajak fiktif,” kata Kabid Pemeriksaan, Penagihan, Intelijen, dan Penyidikan DJP Jawa Barat, Rustana Muhamad, Senin (18/11/2019).

Perbuatan ini dikepalai oleh AS dan AAP yang diketahui merupakan ayah dan anak, yang kemudian dibantu dengan tersangka lain yaitu R (35) dan AP (37). Mereka melakukan aktivitas penerbitan pajak fiktif ini sejak September 2018 sampai Juli 2019.

Pura-pura Membeli BBM

Rustana menyebut, AAP dan AS juga rekan lainnya ini sudah menerbitkan faktur pajak terhadap 3 perusahaan itu. Ketiganya berpura-pura membeli BBM guna mendapatkan fee pajak dari negara.

“Namun, dalam kenyataannya, perusahaan tersebut tidak memiliki izin untuk melakukan niaga BBM dari instansi berwenang. Tidak memiliki gudang tangki penampung BBM. Dan, tidak pernah melakukan pembelian stok solar untuk diperjualbelikan. Faktur pajak kemudian diunggah secara elektronik,” tuturnya.

Akibat perubuatan mereka, negara harus mengalami kerugian hingga Rp98 miliar

“Kerugian negara yang sudah ditaksir sekitar Rp98,59 miliar jadi fee yang dikeluarkan negara. Itu yang diambil pelaku pajak ini,” ungkapnya.

Mereka juga diketahui menjual faktur fiktif tersebut, kepada penerbit pajak lain, dengan harga antara 0,5 persen sampai dengan satu persen dari nilai PPN yang tercantum dalam faktur pajak.

Atas perbuatannya mereka akan terancam dijerat pidana dalam pasal 39A huruf a jo pasal 43 ayat (1) Undang-Undang Nomor 28 tahun 2007, tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983, tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana sudah beberapa kali diubah. Terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 Junto 64 KUHP untuk tahun pajak 2018 sampai tahun 2019.

“Ancaman pidana penjara paling singkat dua tahun. Paling lama enam tahun. Serta denda paling sedikit dua kali. Serta, paling banyak enam kali jumlah pajak dalam faktur pajak.” jelasnya.(ct2/bbs)

Kategori
Gaya Hidup

LK21 Punya Aplikasi, Ini Cara Download di Android

SUKABUMIITODAY.CO – LayarKaca21 atau LK21 adalah salah satu situs download film yang terkenal saat ini. Selain menjadi situs download, akhirnya mengeluarkan juga aplikasi resmi androidnya dan bisa di pasang di smartphone android kita. Bagi yang sering download atau streaming film aplikasi ini wajib terpasang di smartphone kalian.

Situs ini menyajikan layanan download film gratis. Meskipun memberikan layanannya secara gratis, judul film di LK21 selalu terupdate dengan cepat.

Dengan Kualitas film bluray 1080p yang jernih, tentu membuat kita nyaman saat menikmati film. Selain itu, suara di LK21 sudah sampai Surround 5.1. Membuat kita bisa menikmati suara seperti di bioskop, dengan proses donlowad yang selalu cepat karean server download dan uploadnya Full Speed.

Lalu bagaimanakah cara download film di Aplikasi LK21 ini? Berikut cara- caranya, pasti bisa diaplikasikan dengan mudah.

  1. Jika anda belum memiliki aplikasi LK21, pastikan Anda memasangnya dulu di samrtphone Anda. Dengan membuka link https://m.apkpure.com/id/nonton-lk21/com.nonton.layar21. Atau langsung mencarinya di Playstore, lalu diinstal.
  2. Berikutnya, jika aplikasi sudah terinstal, Anda tinggal buka dan cari pada fitur ‘search’ film yang anda inginkan.
  3. Setelah menemukan filmnya, lalu akan muncul tiga pilihan berikut:
    Trailer : Untuk menonton trailernya dulu.
    Play: Untuk menontonstreaming filmnya.
    Download: Untuk download di ponsel.

Cara download aplikasi layarkaca 21 ini memang sangat mudah, bukan? Maka dari itu, bagi kalian yang ingin menonton dan mendonlowad film yang disukai kini tidak perlu ribet lagi.(*)

Penulis: Siti Nurlaela

Kategori
Today

Longsor Proyek Double Track Bogor – Sukabumi, Dua Orang Tewas

SUKABUMITODAY.COM, Sukabumi – Longsor terjadi di pembangunan proyek double track Bogor – Sukabumi di Kampung Baru Cigombong, Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, memakan korban jiwa. Dua orang pekerja dikabarkan tewas lantaran tertimbun longsor.

Kapolsek Cijeruk Kompol Nurahim mengatakan, peristiwa itu terjadi ketika korban Muhamad Hanapi (30) dan Tri Wisnu Mukti (34) beserta tiga orang lainnya tengah mengerjakan dinding penahan tebingan proyek doublentrack sekitar pukul 07.00 WIB.

“Mereka sedang mengerjakan rettining wall. Tiba-tiba longsor, lima pekerja tertimbun longsor,” tutur Nurahim dikutip Suara.com, Sabtu (16/11/2019).

Tim SAR gabungan langsung mendatangi lokasi setelah mendapat laporan guna melakukan evakuasi dengan bantuan alat berat. Kelima korban baru dapat diangkat oleh petugas dari material longsor tiga jam kemudian.

“Korbannya tertimbun ada lima orang. Dua meninggal dunia dan tiga lainnya luka-luka, evakuasinya sekitar tiga jam dengan bantuan alat berat,” jelas dia.

Diduga longsor tersebut dipicu kondisi tanah yang labil usai sempat diguyur hujan sore hari kemarin. Bagi korban-korban yang mengalami luka-luka masih dalam perawatan di RSUD Ciawi.

“Kemarin kan sempat hujan lebat. Kemungkinan tanah di lokasi menjadi labil dan terkikis. Sehingga longsor menimpa dinding proyek, sekarang di loaksi sudah kita pasangi garis polisi untuk keselamatan dan kepentingan penyelidikan.” tandas Nurahim.

Sementara itu, Senior Manager Humas PT KAI Daops 1 Eva Chaerunisa mengatakan, longsor tersebut tidak merusak prasarana perkeretaapian. Bahkan, jadwal perjalanan kereta Bogor – Sukabumi juga masih normal walaupun telah terjadi longsor.

“Terkait peristiwa longsor tidak menyebabkan dampak pada prasarana perkeretaapian. Sehingga seluruh perjalanan pada lintas tersebut (Bogor-Sukabumi), tetap berlangsung normal,” singkanya.(afs)

Kategori
Today

Bulog Cabut Suket Penunjukkan Suplier BPNT yang Berakhir Kisruh

SUKABUMITODAY.CO, Sukabumi – Kepala Sub Divisi Regional (Subdivre) Bulog Cianjur, Agus Siswantoro yang membawahi Cianjur, Sukabumi, dan Bogor menanggapi polemik mengenai beredarnya surat keterangan (suket) yang dikeluarkan oleh Kepala Gudang Bulog Sukaraja, Sukabumi.

Dalam surat tersebut, Bulog Sukabumi menunjuk salah satu mitra suplier sebagai penyalur beras program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Bulog Cabut Suket Penunjukkan Suplier BPNT yang Berakhir Ricuh
Surat Keterangan (Suket) Penunjukan Langsung Suplier di Wilayah Sukabumi

Hal ini menjadi perdebatan karena suket tersebut dianggap menyalahi aturan dan pedoman umum BPNT. Agus memaparkan, surat keterangan tersebut dikeluarkan tanpa sepengetahuan dirinya selaku Kasubdivre.

Ia mengatakan adanya miskomunikasi antara dirinya dengan Kepala Gudang Sukaraja, Sukabumi.

“Itu kan tanpa sepengetahuan saya. Tapi saya paham maksudnya, yaitu untuk menata. Tapi dalam prakteknya kurang tepat,” katanya.

Ia memaklumi atas keteledoran bawahannya tersebut, karena Kepala Gudang Bulog Sukaraja baru bekerja selama satu bulan dan belum paham terkait program BPNT.

“Dia gak tahu harus koordinasi ke siapa. Harusnya kan koordinasi dulu ke saya, tapi ini enggak,” tuturnya.

Bermaksud Melakukan Penataan Suplier

Agus menuturkan, pada awalnya maksud surat tersebut tidak bersifat memaksa dan mengarahkan agen kepada suplier tertentu. Sebaliknya, surat tersebut justru diterbitkan untuk mengontrol pola distribusi supaya lebih tertata.

“Kita justru sedang melakukan pembenahan. Bulog disini posisinya sebagai manajer suplier, artinya kita melakukan penataan agar pola distribusi lebih tertata. Tidak ada tumpang tindih antar suplier,”ujarnya.

Dirinya menjelaskan, surat tersebut dibuat karena adanya temuan di salah satu E-Warong Sukabumi yang mendapatkan dari dua suplier berbeda.

“Sebetulnya ini gak masalah kan, tapi itu gak bagus nanti. Yang dirugikan suplier juga kan. Jadi kita rapihin dulu,” tambahnya.

Dirinya pun telah memerintahkan pencabutan suket tersebut kepada Kepala Gudang, Sukaraja, Sukabumi karena menimbulkan polemik.

“Ini pasar bebas. Bahkan KPM berhak memilih dari mana ia ingin memperoleh pasokan beras BPNT yang berkualitas. Tidak ada unsur paksaan. Tapi karena sudah menimbulkan polemik, surat akan segera kami cabut,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, beredar surat keterangan dari Bulog Sukabumi untuk agen E-Warong di Sukabumi yang menunjuk salah satu perusahaan menjadi suplier beras program BPNT.

Suket tersebut membuat bingung para agen E-Warong karena mereka harus berpindah suplier, padahal mereka berhak membeli beras dari suplier manapun.

Selain itu, agen merasa bahwa suket tersebut menyalahi pedum karena adanya penunjukkan tersebut.(arm)

Kategori
Today

Pemotor Sering Jatuh, Jalan Penghubung Tiga Kecamatan di Sukabumi Diperbaiki

SUKABUMITODAY.CO, Sukabumi – Sepanjang dua kilometer jalan penghubung Kecamatan Kabandungan, Bojonggenteng, dan Cikidang diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Perbaikan ruas jalan yang saat ini dilakukan merupakan bagian dari pelaksanaan program perbaikan yang dikebut dinas di tahun 2019.

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Jafar, mengatakan, pemeritah melakukan uji coba perbaikan jalan dengan hotmix berkualitas tinggi, di sejumlah titik jalan kabupaten. Perbaikan itu masuk dalam program peningkatan pembangunan infrastruktur di tahun 2019.

“Kami targetkan di akhir bulan ini semua bisa usai dilaksanakan,” tuturnya, Kamis (08/11/2019).

Aspal yang dipakai berkualitas tinggi. Sama dengan bahan yang digunakan untuk kegiatan perbaikan di sejumlah titik ruas jalan

“Bahan yang pemeritah gunakan memakai jenis Hotmix ACWC. Salah satunya yang sudah dirasakan penggunaan kendaraan di ruas Jalan Bojong dan Cicantayan sepanjang 5 KM,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat yang jalannya belum diperbaiki bisa bersabar. Hal itu karema anggaran yang sangat terbatas ditambah wilayah yang luas membuat PU melakukan upaya skala prioritas untuk perbaikan.

“Mudah-mudahan di tahun 2020 semua bisa diperbaiki secara bertahap,” tandasnya.

Sementara itu, Sekdes Kalapanunggal, Asep Supriadi bersyukur jalan di wilayahnya diperbaiki. Asep menyebut, dari target dua kilometer perbaikan sesuai pagu panjang ruas jalan baru dengan jarak 1,5 kilometer.

“Memang sebelumnya jalan tersebut kondisi kerusakan sudah sangat miris. Akibatnya, para pengendara yang hendak melintas khususnya motor sering terjatuh terperosok jalan berlubang dan berkerikil,” ungkap Asep..

Menurut keterangan dari pihak lapangan, lanjut Asep,pekerjaan jalan tersebut dilakukan secara bertahap sampai Kecamatan Bojonggenteng dan sisanya yang tengah berjalan sepanjang 500 meter akan segera diselesaikan.

“Alhamdulillah sekarang jalan sudah tidak kaya dulu rusak rusak, setelah diperbaiki oleh pemerintah kabupaten melalui Dinas PU. Saat ini mobilitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pasokan kebutuhan sembako dan menjual hasil pertanian sudah tidak terhambat,” pungkasnya.(afs)

Kategori
Today

E-Warong Diduga Dipaksa Bulog Ganti Supplier

SUKABUMITODAY.CO – Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten/Kota Sukabumi diduga menyalahi aturan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan menerbitkan surat keterangan untuk agen E-Warong , yang menunjuk supplier tertentu sebagai penyalur beras.

Dalam surat tersebut, disebutkan Bulog menunjuk salah satu perusahaan sebagai mitra suplier dalam program BPNT di Kabupaten/Kota Sukabumi. Hal ini tak pelak membuat bingung pemilik E-Warong.

Pasalnya, berdasarkan pedoman umum BPNT, Agen atau E-Warong berhak untuk memilih mendapatkan suplai beras dari mana saja selama memenuhi kriteria dan standar pedum.

Salah seorang agen E-Warong yang enggan disebutkan namanya mengaku kebingungan dengan adanya penunjukan dari Bulog tersebut. Sebelumnya ia terbiasa mendapatkan suplai beras dari suplier yang sudah lama bekerja sama dengannya.

“Beberapa bulan ini saya bingung banyak tekanan dan penunjukkan ke beberapa suplier yang tidak saya kenal. Dengan membawa surat penunjukkan dari Bulog,” ujarnya kepada sukabumi.cianjurtoday.com .

Dirinya mengatakan agen-agen E-Warong yang lain pun mengaku kebingungan harus bagaimana. Karena menurutnya berdasarkan peraturan, agen berhak belanja ke siapapun tanpa paksaan dan penunjukkan.

“Kemarin rame agen mesti ke Bulog, sekarang rame lagi ada surat penunjukan dari Bulog juga ke supliyer yang tidak saya kenal,” tambahnya.

Selain itu, agen E-Warong juga dipaksa untuk mengambil beras meski tidak memesan sebelumnya. Bahkan, beras tersebut di salurkan melalui kepala Desa.

“Iya, ada di tempat lain beras tanpa po agen, tapi beras sudah di drop di desa,” ujarnya.

Dirinya berharap, agen bisa tenang dan aman dalam menjalankan tugasnya tanpa diberikan penekanan oleh pihak tertentu.

“Agen berharap aman dan tenang, tapi sudah beberapa bulan ini banyak penekanan dan penunjukkan. Agen menginginkan supliyer yang memang sudah bersosialisasi dan sudah berjalan dan mampu berkala menyediakan beras,” ujarnya.

Sementara itu, Bulog Kabupaten/Kota Sukabumi belum dapat dimintai keterangan terkait hal ini.(arm)

Kategori
Today

Meresahkan, Lima Anggota Geng Motor Ditangkap

SUKABUMITODAY.CO – Lima anggota geng motor berhasil diamankan aparat Polres Sukabumi Kota, baru-baru ini. Kelimanya kerap meresahkan masyarakat dan ditangkap petugas patroli di Jalan Lingkar Selatan saat ugal-ugalan.

Kasat Sabhara Polres Sukabumi Kota, AKP Iman Prayitno, menuturkan, penangkapan dilakukan berdasarkan laporan masyarakat ke Polsek Warudoyong. Polisi pun langsung menindaklanjuti laporan warga.

“Kelima anggota kelompok bermotor ini ugal-ugalan di Jalur Lingkar Selatan hingga merasahkan masyarakat dan pengguna jalan,” ujarnya seperti diberitakan Radar Sukabumi, Senin (11/11).

Ia mengatakan, polisi dan anggota geng motor sempat kejar-kejaran. Namun akhirnya polisi berhasil menangkap kelima orang itu di jalan sempit di Pabuaran.

Kelima anggota geng motor yang ditangkap Polisi Sukabumi di antaranya berinisial AD (20), ESJ (23), ES (21). Adapun dua orang lainnya merupakan pelajar berusia 16 dan 17 tahun.

“Ada 10 motor sebenarnya yang berhasil jegal, yang tertangkap lima karena yang lainnya berhasil melarikan diri. Mereka kita serahkan ke Satnarkoba dan Satreskrim untuk pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya. (rez/bbs)

Kategori
Gaya Hidup

Nindy Candy Rilis Single Terbaru, Apa Judulnya?

SUKABUMITODAY.CO, Sukabumi – Nindiani atau lebih dikenal dengan Nindy Candy, merupakan penyanyi asal Sukabumi. Setelah berhasil dengan single pertamanya berjudul ‘Main Hape’, kini Nindy kembali hadir dengan single terbarunya berjudul ‘Cinta yang Lara’. Lagu tersebut berkisah tentang sepasang kekasih yang merindu dan ingin bertemu.

Nindy Candy telah memulai debutnya sebagai penyanyi sejak usianya masih terbilang anak-anak yaitu delapan tahun. Kini, usianya telah menginjak 19 tahun.

Kegemarannya dalam bernyanyi dia curahkan dengan mengikuti banyak perlombaan sejak kecil, seperti pernah mengikuti lomba solo pop tingkat Kota Sukabumi dan memenangkan juara 2. Selain itu, Nindy pun pernah mengikuti lomba pop di KFC Sukabumi dan mendapat juara 3.

Sekarang, Nindy telah bergabung dengan Dicky Production dan sudah mengeluarkan dua single. Dua lagu populernya berjudul ‘Main Hape’ dan lagu terbarunya yaitu ‘Cinta yang Lara’.

Bahkan, lagu-lagu yang dibawakan Nindi pun mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Lagunya sering terdengar di beberapa radio lokal di Sukabumi.

“Alhamdulillah, sejauh ini pendengar menyukainya, mereka merespon dan mensupport saya dengan baik,” ucap Nindy kepada Sukabumi Today, Minggu (10/11/19).

Adapun dengan bakat bernyanyinya ini, Nindy berharap dapat membahagiakan orang tuanya. “Harapannya, semoga bisa membanggakan kedua orang tua. Semoga, semua cita-cita saya tercapai.” tutupnya.(ct2)